Pelatihan Penyulingan Minyak Gaharu Masyarkat Desa Long Pada Tahun 2022

Pada akhir bulan juli  tanggal 24-27, KUPS Gaharu desa long pada mengikuti pelatihan penyulingan gaharu tempatnya di Desa loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Kalimantan Utara. yang diikuti oleh beberapa anggota Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Gaharu desa long pada yakni, ketua KUPS Gaharu Long Pada Lewi Kasing dan Ketua Lembaga Pengelola hutan Desa (LPHD) Rony Kirut yang didampingi oleh teman-teman dari  KKI -Warsi yakni Muhammad Alfindo, Sebagai Fasilitator Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) warsi sebagai pendukung program kegiatan perhutanan Sosial.

Kegiatan dimulai pada hari minggu 24 juli 2022, selama pelatihan penyulingan dilaksanakan Pak Takdir sebagai pembimbing pelatihan penyulingan gaharu juga tetap setia membimbing Anggota KUPS sampai proses penyulingan gaharu selesai. Pak Takdir memberikan beberapa tahap cara atau proses sebelum peroses penyulingan dilakukan. tahap pertama yang dilakukan,

(1) Totok dicincang kasar mengunakan Parang

(2) Totok tersebut dijemur sampai kering selama 2 hari.

(3) totok yang kering digiling halus.

(4) selanjutnya, totok dikukus di dalam sulingan selama 3 hari dengan api yang stabil.

(5) Uap dikukusan totok akan naik masuk ke dalam pendinginan atau kondensor.

(6) dengan begitu, uap kukusan totok keluar menjadi minyak gaharu yang masih tercampur dengan air.

(7) Terakhir proses penyisihan minyak gaharu menggunakan pipet,minyak tersebut dijemur dibawah sinar matahari selama satu hari untuk menghilangkan kadar air dalam minyak gaharu.

Sejak lama gaharu sudah diperdagangkan dengan harga jual yang tinggi terutam dengan kandungan minyak yang terkandung dalam kayu gaharu. selain itu bagi masyarakat desa Long Pada kayu gaharu sudah menjadi mata pencarian bagi masyarakat desa long pada.Sehingga Pemerintah Desa long pada Mendorong untuk mengikuti kegiatan Pelatihan KUPS Gaharu untuk meningkatkan perekonomian Masyarakat terkhususnya di Desa Long Pada.

Bagikan post ini: