Ruang Lingkup Desa Long Pada

Long pada merupakan salah satu  Desa yang ada di Kecamatan Sungai Tubu, Desa ini termasuk salah satu Desa terpencil yang ada di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. karna akses untuk sampai ke Desa ini menghabiskan waktu sekitar 6 jam perjalanan darat, dari kota Malinau. Penduduk yang mendiami desa ini mayoritas suku Dayak Punan yang sudah bertahun-tahun mendiami desa ini.

Di era sekarang perkembangan Desa Long Pada dari tahun ke tahun meningkat begitu cepat mulai dari pembangunan, pendidikan, ekonomi dan komunikasi bisa di bilang sangat mumpuni dan berkembang begitu pesat Di Desa ini, di banding tahun-tahun sebelumnya.

Walaupun desa ini sangat terpencil dan jauh dari pusat perkotaan namun, Desa ini terkenal memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah , salah satu nya yang paling sering kita temui di desa ini adalah produksi bahan baku mentah Jahe Merah,  yang tiap tahun hasil produksinya semakin meningkat, dengan harga perkilo dijual  25 -30  rb rupiah. namun sayang , masyarakat kadang terkendala dengan tempat untuk mendistribusikan atau memasarkannya  karna sulitnya lokasi dan jangkauan yang jauh dari perkotaan.

selain jahe merah, ada juga  produk asli khas desa long pada yaitu  Kerajinan tangan dari anyaman Rotan yang sering  dibuat oleh masyarakat dengan  beraneka ragam motif dan bentuk  hasil dari kerajinan SDA (sumber daya manusia) ini sebagian akan di pasarkan  di kota malinau dan sebagiannya dipasarkan  di dalam desa.dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari 150.000 hingga 500.000 ribu rupiah harga ini pun tergantung dari jenis dan motif produk yang akan di pasarkan.

Bagikan post ini: